Sukses Belajar Tematik Kelas 4 Yuk!! Subtema 2 Pembelajaran 4
Pembelajaran 4
Sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita gali lebih jauh!
INFO!!
Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik.
Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
Bacalah teks berikut.
Sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita gali lebih jauh!
INFO!!
Dengan kerja sama maka kebersamaan dalam keberagaman akan semakin terjalin dengan baik.
Seperti apa, ya, bentuk kerja sama yang lain?
Bacalah teks berikut.
Perbedaan Bukanlah Penghalang
Tidak seperti biasa, hari Minggu ini sekolah terlihat ramai. Hari itu, semua siswa diminta datang ke sekolah untuk menghias kelas masing-masing. Hari Senin akan diadakan lomba menyambut hari kemerdekaan. Bapak kepala sekolah berpesan, tiap kelas harus terlihat unik dengan kreasi anak-anak. Udin dan teman-teman sekelasnya juga datang ke sekolah. Pembagian tugas membuat hiasan telah dilakukan Udin dan teman-teman di hari Jumat yang lalu. Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Pagi-pagi hampir semua siswa di kelas Udin sudah hadir. Hanya Edo dan Martha yang belum terlihat. Edo dan Martha sudah meminta izin pada teman-temannya untuk hadir terlambat. Mereka harus pergi ke Sekolah Minggu di gereja untuk melakukan ibadah pagi. Udin dan teman-teman lainnya tidak keberatan. Sebelum ke sekolah, Udin dan Siti mampir ke rumah Edo, lalu ke rumah Martha untuk mengambil bahan dan hiasan kelas yang telah disiapkan. Udin dan teman-teman memahami bahwa hari Minggu pagi merupakan waktu ibadah bagi Edo dan Martha yang beragama Katolik. Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Siang hari sekolah semakin ramai. Kelas-kelas sudah terlihat indah dan semarak dengan hiasan merah putih buatan siswa sekelas. Begitu pun kelas Udin. Edo dan Martha juga sudah terlihat di antara mereka. Selesai ibadah pagi di gereja Edo dan Martha menyusul datang ke sekolah. Senang sekali Udin dan teman-teman berbagi tugas. Ada yang menggunting kertas, ada yang naik ke atas meja untuk menggantung lampion kertas, ada juga yang menghias pintu dengan pita kertas merah putih. Lelah tidak terasa. Ketika tiba waktu sholat Zuhur, Udin, Siti, serta teman-teman lain yang beragama Islam menjalankan ibadahnya. Edo, Martha, Dayu serta beberapa teman lain yang tidak menjalankan ibadah sholat melanjutkan pekerjaan menghias kelas. Menjelang sore, pekerjaan sudah selesai. Kelas Udin sudah terlihat semarak. Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Dari teks di atas carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tulislah pada tabel berikut.
Paragraf 1 : Menghias kelas merupakan tanggung jawab bersama.
Paragraf 2 : Perbedaan waktu dan cara beribadah tidak menghalangi niat kerja sama mereka.
Paragraf 3 : Walaupun berbeda-beda, bekerja sama selalu menyenangkan. Perbedaan tidak menjadi penghalang untuk bekerja sama.
Penyelesaian : Nah itu adik-adik gagasan pokok tiap paragraf, sudah kakak kasih tanda dengan warna biru itu ya. Dan kalian pasti juga bisa mencari gagasan pokok tiap paragraf, karena dalam pembelajaran sebelumnya kita sudah belajar banyak tentang gagasan pokok.
INGAT!!!
Gagasan utama/pokok/ide pokok adalah inti pembahasan dalam sebuah pernyataan kalimat. Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok bisa terletak di awal kalimat (deduktif), di ahir kalimat (induktif), dan di awal serta di ahir kalimat (deduktif-induktif).
INFO!!
Masyarakat Indonesia sangat terkenal dengan kebiasaannya bekerja sama.
Berikut contoh-contoh kerja sama:
INGAT
Kerjasama adalah sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama.
AYO MEMBACA!!
Tahukah kamu tentang Jam Gadang. Jam Gadang adalah menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, di Provinsi Sumatra Barat. Dinamai Jam Gadang karena menara ini memiliki jam dengan ukuran besar pada empat sisinya.
Temukan sudut-sudut yang ada di Jam Gadang tersebut!
Penyelesaian : Setelah adik-adik melihat gambar jam gadang di atas bisa kita lihat bahwa ada beberapa sudut dalam bangunan tersebut. Seperti pada atap jam gandang membentuk sudut lancil, lalau pada dinding-dindingnya membentuk sudut siku-siku, dan bisa kita lihat lagi masih ada beberapa sudut yang kita temukan di bangunan tersebut jadi mari adik-adik cermati lagi ya gambar jam gadang di atas.
Komentar
Posting Komentar